Langsung ke konten utama

LDKS dan Perkemahan di Campas Oubound Sentul, Bogor (On Going Version)

      Awal rencana kami akan melaksana LDKS dan Perjusa (Perkemahan Jumat-Sabtu) pada hari Jumat-Sabtu, tanggal 28-29 Oktober 2016. H-1 minggu, tiba-tiba ada perubahan, karena hari Sabtu, 29 Oktober 2016 kami guru-guru harus melaksanakan pelatihan Kurnas jadi acaranya dipercepat menjadi Kamis-Jumat, 27-28 Oktober 2016. Segera saya menghubungi dan mengkonfirmasi perubahan yang terjadi kepada pihak Campass, karena kami sudah membooking sejak bulan Agustus, Alhamdulilah di hari Kamis Campas Kosong jadwal jadi bisa kami reschedule, jadilah kami Perkamju (Perkemahan Kamis Jumat) agak maksa si ya namanya Hahahaha.

JADWAL ACARA

PERKEMAHAN & LDKS SMP NASIONAL PLUS TUNAS GLOBAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

NO
HARI/TGL
WAKTU
KEGIATAN
PNG. JAWAB
TEMPAT
1.
KAMIS,
27 Oktober
2016
07.30 – 08.00
Peserta Kumpul di Sekolah dan registrasi
Walikelas & Sie Acara
Tuglo
08.00 – 10.00
Menuju Campas Camping Ground
All Panitia
On the road
10.00 – 10.30
- Snack
- Pembagian tenda
Sie Konsumsi
Sie Peralatan
Campas camping ground
10.30 – 11.00
Upacara pembukaan
Mr Yadi
Sie Acara
Campas camping ground
11.00 – 12.00
Sesi 1: Kepemimpinan (Pembicara: Ms Niken)
-Sie Acara
Aula
12.00 – 13.00
- Makan siang
- Sholat Dzuhur
- Ganti baju olahraga
Sie Konsumsi
Sie Acara
Campas camping ground
13.00 – 14.00
Debat calon ketua OSIS
Sie Acara
Aula
14.00 – 16.00
OUTBOND
Team Campas Outbond
Lapangan
16.00 – 17.00
- Mandi
- Sholat Ashar
- Ganti baju pramuka
Sie Acara
Campas camping ground
17.00 – 18.00
Sesi II: Kepanggalangan
Kaka Pramuka/ Ms Lydia+Ms Anita
Lapangan
18.00 – 19.00
Sholat Magrib
Makan Malam
Mr Yadi
Sie Konsumsi
Mushola
Aula Makan
19.00 – 21.00
- Pemaparan OSIS
(Bagi calon pengurus OSIS 2016/2017)
-Upacara penerimaan anggota pramuka baru
Ms Eka & Sie Acara


Kaka Pramuka & Sie Acara
Aula


Lapangan

21.00 – 21.30
- Persiapan performance Seni untuk acara api unggun
- Snack malam
Sie Acara

Sie Konsumsi
Aula
21.30 – 22.30
Api unggun dan Pentas Seni
Kaka Pramuka
Sie Acara
Lapangan

22.30 – 24.00
Ke Pulau Kapuk

Tenda
NO
HARI/TGL
WAKTU
KEGIATAN
PNG. JAWAB
TEMPAT
2.
JUM’AT,
28 Oktober
2016
00.00 – 02.00
Safari Malam + Renungan Suci
-Kaka Pramuka
-All panitia
Campas camping ground
02.00 – 04.30
Istirahat
All panitia
Campas camping ground
04.30 – 05.30
Shalat Subuh & Kerohanian
Mr Yadi
Ms Lydia
Mushola & Aula
05.30 – 06.30
Olah raga
Mr. Yadi
Lapangan
06.30 – 07.30
- Mandi
- Packing
Sia Acara
Sie Peralatan
Campas camping ground
07.30 – 08.00
Makan Pagi
Sie konsumsi
Aula Makan
08.00 – 09.00
Upacara penutupan
Sie acara & kaka Pramuka
Lapangan
09.00 – 11.00
Perjalanan pulang
All Panitia
On the Road
11.00 – …….
Sampai di Tuglo
Wali kelas
Tuglo


    Diatas merupakan jadwal Perkamju ala Panitia. Kamis pagi jam 07.00 anak-anak sudah bersemangat berkumpul di sekolah. Untuk perkemahan kali ini anak-anak tidak perlu membawa banyak peralatan tidur lagi karena matras dan sleeping bag sudah tersedia dari pihak pengelola Campas. Sebelum berangkat seperti biasa, anak-anak berkumpul di Aula untuk diberikan pengarahan oleh Ms lydia, berdoa bersama dengan Mr Izzat dan pelepasan oleh Mr Hamdi selaku kepala sekolah. Setelah pengecekan terakhir dan memastikan setiap anak sebelum berangkat sudah sarapan semua, berangkatlah kami menuju Campas di Sentul.

Pengarahan oleh Ms Lydia

Pembacaan tata tertib selama Perkamju

     Tepat jam 08.00 kami sudah bersiap untuk perjalanan, kami menggunakan 2 truk TNI, 1 truck untuk Putri dan 1 truck untuk Putra. Ya seperti biasa klo naik truck seperti ini anak-anak berebutan duduknya mau yang paling pinggir biar kena angin Hahahaha. Oleh karena itu tim guru harus dibagi 2 orang yang duduk di depan dan belakang. Perjalanan dari Depok menuju Sentul lancar jaya. Kami sampai di Campas sekitar pukul 09.30, dimana tim Campas sudah siap menyambut kami.
Boys Truck

Boys yang banyak gaya
     Setelah memastikan semua barang sudah dikeluarkan dari truk, sesampai di Campas langsung snack time. Snack pertama teh manis hangat, ubi rebus dan pisang goreng, disini pilihan snack'nya memang tradisional menu. Aula tempat makannya pun tergolong cozy sekali, berasa ala-ala cafe, terbuka dan menyatu dengan alam. Manfaatkan waktu untuk santai sejenak sambil menikmati snack. Apalagi ternyata tenda kami belum dipasang jadilah langsung kegiatan berikutnya persiapan upacara pembukaan LDKS dan Perkamju.

Snack pertama, antri ya

Happy Face

Enaknya yang menikmati snack
      Snack time'nya tidak perlu berlama-lama ya, jam 10an sudah harus upacara pembukaan, sekalian penyamatan TKU, khususnya untuk anggota pramuka yang baru. Upacara pembukaan kali ini dipimpin oleh Made Danedra kelas 8 Adventurer dan Ms Niken selaku pembina upacara.

Penyamatan TKU kepada anggota pramuka baru Putti dan Akbar (7 Challenger)

Pelaksanaan upacara

Para petugas upacara pembukaan Perkamju

      Lanjut mumpung semua masih semangat dan sejauh ini kegiatan masih lancar sesuai dengan rundown yang dibuat, kegiatan berikutnya adalah Sesi pemaparan mengenai kepemimpinan yang akan dibawakan oleh Ms Niken. Untuk pemaparan kepemimpinan ini diikuti oleh seluruh peserta tanpa terkecuali. Oh iya selama perkemahan ini cuacanya mendung tidak menentu terkadang hujan kecil dan tiba-tiba hujannya pun bisa berhenti. Tapi alhamdulilah cuacanya tetap mendukung setiap kami ada kegiatan di aula atau indoor hujan sedangkan ketika kegiatannya harus outdoor tiba-tiba hujannya berhenti.

Pemaparan mengenai kepemimpinan di aula

Kondisi ketika kegiatan pemaparan kepemimpinan
         Ketika Pemaparan mengenai kepemimpinan dilaksanakan, pemasangan tenda pun dimulai. Wihh .... ternyata tenda yang digunakan lebih besar daripada contoh yang diperlihatkan ketika survey, ini si anak-anak tidak akan merasa sempit-sempitan dan bisa tidur dengan nyenyak selayaknya di rumah. Sebenarnya ini tenda dengan kapasitas bisa muat sampai 7-8 orang, tapi saya request untuk 1 tenda isi 6 orang saja demi kenyamanan. Untuk pembagian tendanya pun kita sendiri yang menentukan pembagian tenda. Ssst... katanya ini tenda masih baru semua loh, kita yang pertama yang memakainya Hahahaha. Sesi 1 kepemimpinan selesai dan pemasangan tenda pun selesai lengkap sudah dialaskan oleh matras, saatnya mengatur pembagian tenda agar teratur. Antara tenda putri dan putra pun ada space sedikit. Untuk sleeping bag tiap orang harus ambil sendiri-sendiri di post.

Penampakan tenda yang terjejer rapi

Bu Ketu cek dulu kelayakan masing-masing tenda


Kondisi kelompok tenda 1 yang happy

Kondisi tenda cowo, yang bawaanya udah pengen tidur aja
        Setelah pembagian tenda aman, sekarang waktunya makan siang. Makan siang kali ini menunya, nasi putih, ayam kalasan, sayur lodeh, bakwan jagung, lalapan, sambal, kerupuk, dan buah semangka. Sistem makannya pun kami ala prasmanan aja agar setiap anak bisa makan sesuai dengan kapasitas perut masing-masing. Rasa makannya pun menurut saya enak, semua anak makan dengan lahap yang tidak laku cuma lalapannya aja ya sama sambel tuh yang masih banyak Hehehehe ..... Selesai makan sholat Dzuhur berjamaah dulu ya bagi yang muslim di aula. Setelah itu ganti pakaian dengan seragam olahraga untuk kegiatan berikutnya yaitu debat terbuka calon ketua OSIS 2016/2017 dan out bound.

klo waktunya makan tiba-tiba jadi khidmat

Jatahnya 1 orang cuma dapat 1 lauk ya hehehehe
     Selesai sudah makannya, semua siap-siap menuju aula untuk kegiatan berikutnya yaitu debat terbuka calon ketua OSIS 2016/2017. Sebelumnya ke-6 calon kandidat dibagi menjadi 2 kelompok secara acak, dimana mereka dibuat menjadi 1 tim yang bekerja sama berdebat dengan seluruh masyarakat SMP Nasional Plus Tunas Global. Sebelumnya Ms Yuni selaku moderator akan memberikan pertanyaan/pernyataan kontroversial mengenai kebijakan-kebijakan atau situasi kondisi di sekolah pada saat ini. Walaupun mereka 1 tim, tapi jawaban dan sanggahan mereka dapat dinilai secara individual oleh seluruh orang yang ikut pada saat itu. Sesi pertama dan tim pertama adalah Faris, Danen dan Sanaz. Sesi pertama perdebatan berlangsung dengan sengit antara peserta dengan calon ketua OSIS. Walaupun sudah berkali-kali merasa tersudutkan tapi diakhir calon ketua OSIS cukup dapat sambutan hangat dari peserta debat atas jawaban-jawabannya. Sesi berikutnya, Sesi 2 dengan anggota debatnya Vicca, Rista dan Icha. Walaupun sesi 2 ini kondisinya tidak sesengit pada sesi 1, tetapi seluruh peserta tetap merasa terpuaskan dengan jawaban dari calon ketua OSIS. 

Berunding dulu ya, samakan jawaban agar tidak selek

Suasana debat sesi 1
Suasana debat sesi 2
Setelah 1 jam menegangkan adu pendapat dan ide terlewati dan didukung dengan hujan yang sudah mulai reda, saatnya having fun dengan outbound, kondisi lapangan yang tanahnya agak jeblok bukan halangan. Datanglah kegiatan yang paling ditunggu-tunggu anak-anak out bound.


Kondisi pakaian masih bersih

Ms Eka dengan latar belakang anak-anak yang lagi ice breaking



Fariz contohin patung pancoran
         Mini Outbound kali ini diawali dengan lomba yel-yel singkat di setiap kelompok dan dilanjutkan dengan ice breaking bermain games seperti tupai pohon, dan bergaya kocak seperti jika angka 1 yang disebutkan bergaya patung pancoran, dan games-games sederhana lainnya. Karena pembawa acaranya pun asik dan kocak dalam membawa suasana jadi kegiatan ini penuh dengan canda tawa. Terlihat sekali wajah-wajah bahagia tapi tetap serius dan fokus agar tetap bisa mengikuti games. Games terakhir adalah estafet plastik berisi air dan balon berisi air. Jadi balon yang berisi air diover kebelakang melewati kepala dan teman yang berada dibelakang harus siap menerima balon tersebut, Diperlukan kerjasama yang baik dan ketangkasan agar balon yang rentan pecah ini bisa ketangkap dan tidak membuat peserta kebasahan. Sejauh ini yang berhasil menyelamatkan balon sampai akhir hanya 1 kelompok itupun balon yang terselamatkan hanya beberapa saja.

Games sederhana yang seru

Team mana nih yang paling solid, klo nangkepnya ga bener basah ya
      Main kotor-kotorannya selesai ya, sekarang saatnya mandi, ganti baju pramuka kembali dan bersiap untuk kegiatan kepenggalangan bersama Ka Mul, Ka Muslim dan Ka Ayub. Beliau-beliau memang pelatih pramuka handal yang suka mengajar di SMP Nasional Plus Tunas Global. Untuk mandi pun karena kamar mandi laki-laki dan perempuan ada banyak jadi mereka bisa mandi dengan tenang dan tertib tanpa antrian. Setelah ganteng dan cantik menggunakan seragam pramuka lengkap, semua menuju ke aula kembali untuk pemaparan kepenggalangan pramuka.
.

Bersama Ka Mul pemateri kepanggalangan

Memahami pramuka menjadi lebih asik
         Jam sudah menunjukan pkl 18.00, sebentar lagi persiapan sholat magrib berjemaah. Selesai sholat magrib langsung menuju tempat makan ya. Menu makan malam ayam goreng, sop makaroni, tahu kecap, sambal & lalap, buah melon dan kerupuk, Ayoo .... semua anak-anak makan yang lahap ya.

Berbaur makan bersama kaka dan adik kelas

Budayakan mengantri dalam setiap suasan
        Selesai makan malam anak-anak bersiap untuk kegiatan pemateri OSIS bagi calon pengurus OSIS dan bagi seluruh kelas 9 Discoverer, kelas 7 Challenger, kelas 8 Adventurer yang tidak menjadi calon pengurus OSIS melakukan kegiatan upacara penerimaan anggota penggalang baru bersama Kaka-kaka pembina pramuka. Pemaparan organisasi OSIS bersama Ms Eka selaku pembina OSIS.

Bersiap untuk upacara penerimaan anggota baru


Sesi tanya jawab bersama Ms Eka, mulai tegang

Mendengar penjelasan Kaka-kakanya dulu ya
         Sebelum kegiatan api unggun snack time di malam hari dulu ada jagung rebus, pisang rebus dan bajigur. Hmmm ....  cocok sekali dengan cuaca dingin bisa menjadi penghangat tubuh. Sambil makan snack setiap kelompok menyiapkan penampilan pentas seni yang bertemakan kebudayaan Indonesia yang akan dipersembahkan ketika acara api unggun.
Para pembaca dasadarma pramuka dan petugas penyala api unggun


Obor pertama dinyalakan oleh Faqih

Api unggun kita telah menyala

         Setelah latihan untuk performance sekarang saatnya persiapan untuk upacara api unggun, tapi sebelumnya diadakan latihan dulu ya agar upacaranya bisa berjalan khidmat. Kali ini yang bertugas sebagai Pembaca acara Dhika dan Wimba, Pembaca do'a Tristan. Pembaca dasa darma ada Faqih, Fira, Angel, Akbar, Putri, Tommy, Etiene, Bagas, Icha dan Kalya. Selaku komanda upacara adalah Ezar dan pemimpin upacara adalah Ka Mul. Upacara berjalan dengan khidmat dan tidak lupa pula kita menyanyikan lagu khas ketika api unggun.

Penampilan raper, beat box, dimix dengan lagu daerah ala boys 8 Adventurer

Penampilan girls 8 Adventurer menyanyikan lagu daerah
Setelah penutupan upacara api unggun, setiap peserta dipersilahkan untuk kembali ke tenda dan istirahat atau tidur sebelum dibangunkan kembali untuk kegiatan safari dan renungan malam. Lumayanlah bisa tidur dulu antara 2-3 jam. Di awal masa-masa menjelang tidur anak-anak masih berisik becanda, susah diajak tidur. Alhamdulilah tidak lama setelah Ms Yuni keliling tenda (terutama tenda cowok) mereka bisa tidur dengan nyaman dan tenang tidak perlu ada drama.

berunding jawaban dulu ya secara berkelompok

Untuk menjawab soal sangat diperlukan kerjasama kelompok
          Sekitar Pkl.01.30 dini hari semua peserta Perkamju sudah dibangunkan untuk kegiatan safari malam, mereka berjalan dari pos satu ke pos yang lainnya. Di setiap pos sudah berisi guru dan kaka pembimbing pramuka yang akan memberikan pertanyaan atau tantangan sesuai dengan pos tersebut. Ada 5 pos, dengan bertemakan sesuai Pancasila. Semua Pos masih berada di sekitaran kawasan Campas Camping Outbound. 

Menangislah, tapi setelahnya diikuti oleh perubahan sikap yang nyata ya

Merenung untuk perubahan
       Setelah semua kelompok berhasil menunaikan tugas yang diberikan oleh setiap pos, kegiatan berikutnya adalah renungan malam, semua peserta memasuki aula. Lampu utama dimatikan, sumber cahaya hanya berasal dari remang-remang cahaya lilin kecil. Renungan dimulai dari bimbingan Ka Mul dan Mr Yadi mengenai kebaikan dan usaha keras ayah bunda selama ini dalam mengurus dan memperjuangkan kehidupan anak-anak dan keluarga, sedangkan sebagai anak masih belum maksimal dalam berbakti kepada orang tua. Diiringi dengan akustik gitar oleh Ms Lydia dengan lagu bunda. Semakin membuat anak-anak terenyuh dan banyak diantara mereka meneteskan mata mengingat perjuangan ayah bunda dalam membesarkan anak-anaknya. Semoga dengan kegiatan renungan malam rutin seperti ini membuat anak-anak semakin semangat dalam belajar dan berbakti kepada orang tua.

       Setelah renungan malam mereka kembali ke tenda untuk istirahat  sampai subuh nanti. Sekitar Pkl. 04.45 anak-anak banyak yang sudah bangun sendiri tanpa disuruh. Good Job, mereka pun sudah sholat subuh masing-masing dengan membuat beberapa kuarter sholat berjemaah. Selesai sholat dilanjutkan dengan kegiatan olah raga pagi. Untuk sesi berikutnya adalah seleksi calon paskibraka baru, khusus untuk adik kelas 7 dan 8. Untuk paskibraka senior kls 9, tugasnya kali ini adalah membantu Mr Yadi dalam melatih dan menyeleksi calon-calon paskibraka baru. Setelah dilatih dan diamati secara seksama, munculnya beberapa nama yang akan menjadi calon paskibrakas SMP Nasional Plus Tunas Global masa bhakti 2016/2017.


Seleksi calon paskibraka
    

Senior dan junior paskibrakan Tuglo
 

        Seleksi Paskibraka selesai, saatnya mandi pagi bagi yang mau mandi aja si, dan packing peralatan pribadi untuk pulang. Hati-hati ya ada barang yang ketinggalan. Selesai packing dan memastikan tidak ada barang yang ketinggalan, sekarang saatnya sarapan. Menu kali ini adalah nasi goreng, telur ceplok, sambel, buah dan kerupuk. Makan terakhir di Campas Camping Ground.


Upacara penutupan sekaligus upacara sumpah pemuda

Yee abis ini bisa pulang
        Upacara penutupan memakai baju bebas aja ya, berhubung hari ini bertepatan dengan hari sumpah pemuda. Jadi upacara penutupan kali ini sekaligus sebagai upacara sumpah pemuda. Sebelum pulang jangan lupa foto-foto dulu ya. dilanjut dengan kegiatan halal bihalal antara peserta perkamju dengan guru dan kaka pembimbing.

Halal bihalan tidak perlu menunggu lebaran kan

salam-salaman biar ga selek



Terkahir foto bersama



Bye-bye dari Ms Eka & Silly Sammy






Komentar

Postingan populer dari blog ini

WISATA PRAKTIS KE BOGOR (TAMAN TOPI DAN TAMAN ADE IRMA)

Sepupu saya yang kecil Rafa El Fath adalah anak laki-laki berumur 4 tahun yang sangat terobsesi sekali dengan kereta api. Saya pernah menjajikan kepadanya jika sedang libur akan main keliling-liling naik comutter line lagi. Tapi berhubung week end saya penuh terus jadwalnya jadi selalu tertunda untuk memenuhi janji tersebut. Sampai saatnya Rafa sakit panas dan mengigau mau naik kereta sama teta (teteh eka – panggilan Rafa ke saya). Akhirnya hari Sabtu, 9 Januari 2016 dengan keadaan badan masih anget, saya menyempatkan diri memenuhi janji, biar Rafa cepet sembuh. Ma’afin Teta ya …. Hari Sabtu, saya kerja setengah hari dan sudah janjian dengan Rafa, Mamanya dan adiknya Bilqis akan ketemuan di ITC Depok, Pkl. 13.00 setelah itu baru lanjut lagi perjalanan dengan commuter line menuju Stasiun Bogor. Perjalanan di kereta hari ini cukup lancar, karena bawa anak-anak kecil, kita langsung dikasih tempat duduk dengan bapak-bapak yang ada di gerbong. Klo Cuma naik kereta aja, terus balik lagi pula…

Kerucut Pengalaman Dale dan Belajar Berbasis Aneka Sumber

WATER KINGDOM Mekar Sari Cileungsi Bogor with 8 Adventurer

Untuk pertama kalinya liburan sama murid-murid ku diluar kegiatan formal dari sekolah. Sebelumnya saya sudah berjanji sama mereka jika mereka rajin bayar uang kas dan uang kas'nya ada banyak saya akan mengajak mereka jalan-jalan. Alhamdullilah uang kas kami terkumpul sampai 2 juta lebih. Setelah searching-searching di internet mencari tempat yang sepertinya seru dan pas dengan uang 2 jutaan membawa anak-anak berjumlah 14 main. Jatuhlah keputusan kami ke water kingdom di Mekar Sari Cileungsi.
Agak deg-deg'an si bawa mereka sendirian, tanpa ditemani guru-guru lain. Karena biasanya 14 anak minimal 3 guru yang ngejaga Hehehehe. Tapi saya yakin anak-anak 8 Adventurer tipe anak-anak yang sudah bisa dilepas, diberi kepercayaan dan cukup diawasi dari jauh. Dari 14 anak, sayang sekali ada 3 murid saya yang tidak ikut.
Kita berangkat hari senin tanggal 15 Juni 2015, dengan asumsi sudah selesai liburan anak-anak lain jadi tidak terlalu ramai plus setelah dicek di web resminya water king…